Mempelajari Struktur dan Fungsi Komputer

Mata kuliah ini membahas arsitektur dan organisasi komputer dari level komponen dasar hingga sistem terintegrasi. Mahasiswa akan memahami cara kerja CPU, memori, sistem I/O, dan mampu menganalisis performa komputer.

Kode MK MKDK005
Semester 2
SKS 3 (2 Teori + 1 Praktikum)
CPU
Memory
I/O System

Materi Pertemuan

16 Pertemuan Semester Genap

Pertemuan 1 Teori

Sejarah & Perkembangan Arsitektur Komputer

Memahami evolusi komputer dari generasi pertama hingga modern

Pertemuan 2 Teori

Arsitektur vs Organisasi Komputer

Membedakan konsep arsitektur dan organisasi komputer

Pertemuan 3 Praktikum

Struktur dan Fungsi CPU

Analisis blok diagram dan komponen CPU

Pertemuan 4 Praktikum

Hierarki dan Teknologi Memori

Simulasi akses memori cache dan hierarki

Pertemuan 5 Teori

Sistem I/O dan Interupsi

Mekanisme input/output dan handling interupsi

Pertemuan 6 Praktikum

Perancangan Sistem Komputer

Workshop merancang blok sistem komputer

Pertemuan 7 Praktikum

Simulasi ALU dan Control Unit

Praktikum operasi ALU menggunakan software

Pertemuan 8 UTS

Ujian Tengah Semester

Evaluasi materi pertemuan 1-7

Pertemuan 9 Teori

Analisis Performa Komputer

Menghitung CPI, MIPS, dan throughput

Pertemuan 10 Teori

Arsitektur Pipelining

Analisis hazard dan optimasi pipelining

Pertemuan 11 Teori

Arsitektur Paralel dan Multicore

Membandingkan arsitektur multicore modern

Pertemuan 12 Studi Kasus

Embedded System Architecture

Analisis arsitektur pada sistem embedded

Pertemuan 13 Project

Workshop Desain Sistem

Merancang sistem mini berbasis CPU

Pertemuan 14 Presentasi

Presentasi dan Evaluasi Proyek

Presentasi hasil rancangan sistem

Pertemuan 15 Review

Review Materi UAS

Rangkuman seluruh materi semester

Pertemuan 16 UAS

Ujian Akhir Semester

Evaluasi komprehensif seluruh materi

Modul Interaktif

Simulasi dan alat bantu pembelajaran

⚙️

Simulasi CPU

Visualisasi alur instruksi dan komponen CPU

Buka Simulator
💾

Simulator Memori

Demonstrasi hierarki dan akses memori

Buka Simulator
🎯

Kuis Interaktif

Latihan soal dengan feedback instan

Mulai Kuis
🔌

Visualisasi I/O

Diagram interaksi sistem Input/Output

Buka Visualisasi

Capaian Pembelajaran

CPL-02

Mampu menguasai konsep teoretis bidang teknik komputer secara umum dan menerapkannya dalam penyelesaian masalah prosedural

CPL-04

Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas di bidang teknik komputer dengan memilih metode yang sesuai berdasarkan analisis data

CPL-05

Mampu merancang, mengimplementasikan, dan menguji sistem embedded dan IoT untuk aplikasi industri dan komersial

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK-1: Memahami konsep dasar arsitektur dan organisasi komputer
CPMK-2: Menganalisis fungsi dan interaksi komponen utama komputer
CPMK-3: Merancang dan mensimulasikan bagian-bagian sistem komputer
CPMK-4: Mengevaluasi kinerja sistem komputer berdasarkan arsitektur

Referensi

Stallings, W. (2020)

Computer Organization and Architecture: Designing for Performance (11th Ed.)

Patterson, D.A., & Hennessy, J.L. (2021)

Computer Organization and Design RISC-V Edition

Hamacher, C. (2019)

Computer Organization and Embedded Systems (6th Ed.)

Tanenbaum, A.S. (2021)

Structured Computer Organization (7th Ed.)

Null, L., & Lobur, J. (2022)

The Essentials of Computer Organization and Architecture (5th Ed.)