D3 Teknik Komputer - Politeknik Negeri Padang
Pelajari konsep, teknologi, dan implementasi IoT melalui materi terstruktur, simulasi interaktif, dan proyek nyata sesuai kurikulum berbasis OBE.
Mulai Belajar Lihat RPSPlatform ini dirancang untuk memudahkan pemahaman konsep IoT melalui berbagai pendekatan pembelajaran.
Konten pembelajaran disusun berdasarkan RPS dengan 16 pertemuan yang mencakup teori dan praktikum.
Praktikum virtual dengan simulator IoT untuk memahami konsep tanpa perangkat fisik.
Berbagai contoh implementasi kode untuk Arduino, ESP8266/32, Raspberry Pi, dan platform IoT lainnya.
Kuis dan latihan untuk mengukur pemahaman konsep setiap pertemuan.
16 modul utama yang disusun berdasarkan RPS mata kuliah IoT dan Aplikasinya.
Pengenalan Internet of Things
Protokol Komunikasi IoT
Komponen Hardware IoT
Teknologi Konektivitas IoT
Desain Arsitektur IoT
Penerapan Sistem IoT
Troubleshooting Sistem
Evaluasi Pertengahan Semester
Teamwork dalam Pengembangan IoT
Cloud dan Platform Services
Diagnosis dan Perbaikan Sistem
Aplikasi Domestik IoT
Industrial IoT Applications
Showcase Final Project
Review dan Penyempurnaan
Final Project Assessment
Struktur dan rencana pembelajaran mata kuliah Internet of Things (IoT) dan Aplikasinya
| Program Studi | D3-Teknik Komputer |
|---|---|
| Mata Kuliah | Internet of Things (IoT) dan Aplikasinya |
| Kode | MKK009 |
| Semester | 4 |
| SKS | 3 (1 Teori, 2 Praktikum) |
| Kode CPL | Deskripsi |
|---|---|
| CPL-03 | Mampu berinovasi dalam pengembangan teknologi komputer dengan memanfaatkan kearifan lokal dan berwawasan lingkungan |
| CPL-04 | Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas di bidang teknik komputer dengan memilih metode yang sesuai |
| CPL-05 | Mampu merancang, mengimplementasikan, dan menguji sistem embedded dan IoT untuk aplikasi industri dan komersial |
| CPL-08 | Mampu bekerja dalam tim secara kolaboratif dan berkomunikasi efektif |
| CPL-10 | Mampu menunjukkan jiwa kewirausahaan dalam bidang teknologi informasi |
| CPL-11 | Mampu belajar secara mandiri dan berkelanjutan |
| Pertemuan | Topik Bahasan | Sub-CPMK | CPL |
|---|---|---|---|
| 1 | Pengenalan IoT: Konsep dan Komponen | Sub-CPMK-1.1 | CPL-04 CPL-11 |
| 2 | Protokol Komunikasi IoT | Sub-CPMK-1.2 | CPL-04 CPL-11 |
| 3 | Sensor & Aktuator dalam IoT | Sub-CPMK-3.1 | CPL-05 |
| 4 | Komunikasi Data IoT | Sub-CPMK-3.2 | CPL-05 |
| 5 | Perancangan Sistem IoT | Sub-CPMK-2.1 | CPL-03 CPL-05 CPL-10 |
| 6 | Implementasi Rancangan IoT | Sub-CPMK-3.1, 3.2 | CPL-05 CPL-08 |
| 7 | Analisis Masalah dalam IoT | Sub-CPMK-4.1 | CPL-04 CPL-05 |
| 8 | Ujian Tengah Semester | - | Semua CPL |
| 9 | Kolaborasi dalam Proyek IoT | Sub-CPMK-5.1 | CPL-08 |
| 10 | Platform IoT (Node-RED, AWS) | Sub-CPMK-3.1, 3.2 | CPL-05 CPL-11 |
| 11 | Troubleshooting Sistem IoT | Sub-CPMK-4.1 | CPL-04 CPL-05 |
| 12 | Aplikasi IoT untuk Smart Home | Sub-CPMK-2.1, 3.2 | CPL-03 CPL-05 CPL-10 |
| 13 | Aplikasi IoT untuk Industri | Sub-CPMK-2.1, 3.2 | CPL-03 CPL-05 CPL-10 |
| 14 | Presentasi Proyek IoT | Sub-CPMK-5.1 | CPL-08 CPL-10 |
| 15 | Evaluasi dan Penyempurnaan Proyek | Sub-CPMK-4.1, 5.1 | CPL-04 CPL-08 |
| 16 | Ujian Akhir Semester | - | Semua CPL |
Modul Pembelajaran
Pertemuan
Simulator Interaktif
Contoh Proyek