JURUSAN TEKNOLOGI INFORMASI

POLITEKNIK NEGERI PADANG

RUBRIK PENILAIAN BERBASIS OUTCOME-BASED EDUCATION (OBE)

MATA KULIAH: ARSITEKTUR KOMPUTER

Kode MK: TKO201 | Semester: 2 | Bobot SKS: 3 (2-1)

Dosen Pengampu: _______________________ | Tanggal Penyusunan: 03 September 2025

1. CAPAIAN PEMBELAJARAN YANG DINILAI

Mata kuliah ini secara langsung berkontribusi pada pencapaian 3 Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi:

  1. CPL-2: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. CPL-3: Mampu mengoperasikan, memelihara, dan melakukan troubleshooting perangkat keras dan lunak sistem komputer serta jaringan komputer.
  3. CPL-4: Mampu merancang dan mengimplementasikan sistem embedded menggunakan mikrokontroler dan antarmuka sensor-aktuator.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK):

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa mampu:

2. PETA BOBOT PENILAIAN (ASESMEN)

No Komponen Penilaian Bobot (%) CPMK yang Diukur Sub-CPMK yang Diukur
1 Quiz 1 5% CPMK-1 Sub-CPMK-1-1, Sub-CPMK-1-2
2 Tugas 1 10% CPMK-2 Sub-CPMK-2-1
3 Praktikum 1 10% CPMK-2 Sub-CPMK-2-2
4 Tugas 2 15% CPMK-3 Sub-CPMK-3-1
5 Quiz 2 5% CPMK-3 Sub-CPMK-3-2
6 Tugas 3 10% CPMK-4 Sub-CPMK-4-1
7 Praktikum 2 10% CPMK-4 Sub-CPMK-4-2
8 Ujian Tengah Semester (UTS) 20% CPMK-1, CPMK-2, CPMK-3 Semua Sub-CPMK hingga minggu ke-7
9 Tugas 4 10% CPMK-5 Sub-CPMK-5-1
10 Quiz 3 5% CPMK-5 Sub-CPMK-5-2
11 Proyek Akhir 20% CPMK-3, CPMK-4, CPMK-5 Sub-CPMK-3-1, Sub-CPMK-4-1, Sub-CPMK-5-1
12 Presentasi Projek 10% Semua Kemampuan komunikasi dan presentasi
13 Ujian Akhir Semester (UAS) 30% Semua CPMK Semua Sub-CPMK
TOTAL 100%

3. RUBRIK DETAIL PENILAIAN

3.1. RUBRIK UNTUK TUGAS, QUIZ, & PRAKTIKUM (TEORI & SIMULASI)

Kriteria Penilaian Sangat Baik (A | 86-100) Baik (B | 71-85) Cukup (C | 56-70) Kurang (D | 41-55) Sangat Kurang (E | ≤40)
a. Ketepatan & Kebenaran
(Kebenaran factual jawaban atau hasil simulasi)
100% akurat. Semua jawaban atau hasil simulasi benar tanpa kesalahan. Mayoritas akurat. Terdapat 1-2 kesalahan minor yang tidak signifikan. Cukup akurat. Terdapat beberapa kesalahan namun menunjukkan pemahaman dasar. Tidak akurat. Banyak jawaban atau hasil simulasi yang salah. Sangat tidak akurat. Hampir semua jawaban atau hasil simulasi salah.
b. Kedalaman Analisis & Pemahaman Konsep
(Kemampuan menjelaskan alasan, "mengapa", dan "bagaimana")
Analisis sangat mendalam dan komprehensif. Mampu menghubungkan berbagai konsep dengan contoh yang relevan. Analisis mendalam dan logis. Mampu menjelaskan konsep dengan baik. Analisis cukup. Dapat menjelaskan tetapi kurang mendalam dan contoh terbatas. Analisis sangat terbatas. Hanya menyebutkan fakta tanpa penjelasan. Tidak ada analisis atau pemahaman konsep yang terlihat.
c. Kelengkapan & Kesesuaian
(Kesesuaian dengan instruksi, kelengkapan jawaban/komponen)
Lengkap dan melampaui ekspektasi. Semua instruksi dipenuhi dengan detail yang sangat lengkap. Lengkap dan sesuai. Semua instruksi dipenuhi dengan baik. Cukup lengkap. Sebagian besar instruksi dipenuhi, ada beberapa hal yang kurang. Tidak lengkap. Banyak instruksi penting yang tidak dipenuhi. Sangat tidak lengkap. Pengerjaan tidak sesuai instruksi.
d. Kerapihan & Struktur Penulisan
(Sistematika, kerapihan, kejelasan bahasa, penggunaan terminologi)
Sangat rapi dan terstruktur. Penjelasan sangat jelas, mudah diikuti, dan menggunakan terminologi yang tepat. Rapi dan terstruktur. Penjelasan jelas dan menggunakan terminologi yang cukup tepat. Cukup rapi. Struktur dan penjelasan dapat dipahami meski kurang sistematis. Tidak rapi. Struktur berantakan, penjelasan sulit dipahami. Sangat tidak rapi. Tidak terstruktur dan tidak dapat dinilai.

3.2. RUBRIK UNTUK PROYEK AKHIR (PERANCANGAN & IMPLEMENTASI)

Kriteria Penilaian Sangat Baik (A | 86-100) Baik (B | 71-85) Cukup (C | 56-70) Kurang (D | 41-55) Sangat Kurang (E | ≤40)
a. Kualitas Desain & Fungsionalitas
(Keberhasilan rancangan dalam bekerja sesuai spesifikasi)
Desain sangat inovatif, orisinal, dan berfungsi sempurna melebihi spesifikasi yang diminta. Desain baik, logis, dan berfungsi sesuai dengan spesifikasi yang diminta. Desain cukup, berfungsi dengan beberapa kekurangan atau error minor. Desain memiliki banyak kekurangan dan tidak berfungsi dengan baik. Desain gagal total atau tidak sesuai dengan tujuan.
b. Penerapan Konsep Kuliah
(Integrasi dan aplikasi materi yang telah dipelajari)
Menerapkan secara integratif dan kreatif hampir semua konsep kuliah yang relevan. Menerapkan dengan baik banyak konsep kuliah yang relevan. Menerapkan beberapa konsep dasar dengan integrasi yang sederhana. Hanya menerapkan satu atau dua konsep dengan sangat sederhana. Tidak menunjukkan penerapan konsep yang dipelajari.
c. Kompleksitas
(Tingkat kesulitan dan kerumitan dari solusi yang dirancang)
Tingkat kompleksitas sangat tinggi. Menunjukkan usaha dan tantangan yang signifikan. Tingkat kompleksitas tinggi. Solusi yang dirancang cukup menantang. Tingkat kompleksitas cukup. Sesuai dengan tingkat kesulitan yang diharapkan. Tingkat kompleksitas rendah. Solusi yang dirancang sangat sederhana. Tingkat kompleksitas sangat rendah. Hanya mengulang contoh yang ada.
d. Dokumentasi Projek
(Kelengkapan laporan: latar belakang, metode, hasil, pembahasan)
Dokumentasi sangat lengkap dan profesional. Menjelaskan setiap tahap dengan sangat jelas dan detail. Dokumentasi lengkap. Menjelaskan tahapan proyek dengan baik dan jelas. Dokumentasi cukup lengkap. Penjelasan beberapa bagian kurang detail. Dokumentasi tidak lengkap. Penjelasan sulit dipahami dan banyak hal yang missing. Hampir tidak ada dokumentasi yang berarti.

3.3. RUBRIK UNTUK PRESENTASI

Kriteria Penilaian Sangat Baik (A | 86-100) Baik (B | 71-85) Cukup (C | 56-70) Kurang (D | 41-55) Sangat Kurang (E | ≤40)
a. Penguasaan Materi
(Kemampuan menjelaskan dan mendalami topik yang dipresentasikan)
Penguasaan materi sangat baik. Mampu menjelaskan detail dan menjawab semua pertanyaan dengan lugas dan percaya diri. Penguasaan materi baik. Mampu menjelaskan dengan jelas dan menjawab sebagian besar pertanyaan. Penguasaan materi cukup. Mampu menjelaskan poin-poin utama tetapi kurang mendalam. Penguasaan materi terbatas. Kesulitan menjelaskan dan menjawab pertanyaan. Tidak menguasai materi yang dipresentasikan.
b. Keterampilan Komunikasi
(Kejelasan suara, intonasi, bahasa tubuh, dan engagement dengan audiens)
Komunikasi sangat efektif dan menarik. Suara jelas, intonasi baik, bahasa tubuh profesional, dan mampu menarik perhatian audiens. Komunikasi efektif. Suara jelas, penyampaian terstruktur, dan cukup engaging. Komunikasi cukup jelas. Penyampaian dapat dipahami namun datar atau kurang engaging. Komunikasi tidak efektif. Suara tidak jelas, gugup, dan sulit dipahami. Komunikasi sangat tidak efektif. Tidak dapat menyampaikan ide dengan jelas.
c. Kualitas Slide & Media
(Kerapihan, desain, kejelasan visual, dan kesesuaian konten)
Slide sangat rapi, visual menarik, dan kontennya padat bernilai. Mendukung presentasi dengan sempurna. Slide rapi dan jelas. Kontennya baik dan mendukung presentasi. Slide cukup rapi. Kontennya sederhana namun dapat menyampaikan pesan. Slide tidak rapi. Terlalu banyak text atau visual yang tidak mendukung. Slide sangat buruk. Tidak membantu presentasi sama sekali.
d. Manajemen Waktu
(Kemampuan menyampaikan materi dalam waktu yang dialokasikan)
Sangat tepat waktu. Materi disampaikan dengan lengkap dalam alokasi waktu yang diberikan. Tepat waktu. Dapat menyelesaikan presentasi sesuai waktu tanpa terburu-buru atau kepanjangan. Cukup tepat waktu. Terlalu cepat atau sedikit melebihi waktu yang dialokasikan. Tidak tepat waktu. Presentasi terlalu singkat atau sangat melebihi waktu. Sangat tidak tepat waktu. Tidak dapat mengatur waktu presentasi sama sekali.

4. CARA PENGGUNAAN RUBRIK

  1. Pilih Rubrik yang Tepat: Gunakan rubrik yang sesuai dengan jenis penilaian (Tugas, Quiz, atau Projek).
  2. Tentukan Level Pencapaian: Untuk setiap kriteria, tentukan level pencapaian mahasiswa (Sangat Baik hingga Sangat Kurang).
  3. Berikan Skor: Berikan skor dalam rentang nilai yang sesuai dengan level pencapaian.
  4. Hitung Nilai Akhir: Hitung nilai akhir berdasarkan bobot yang telah ditetapkan dalam RPS untuk setiap komponen penilaian.
  5. Berikan Feedback: Berikan komentar atau umpan balik spesifik berdasarkan kriteria dalam rubrik untuk membantu mahasiswa berkembang.

Rubrik ini menjamin bahwa penilaian dilakukan secara objektif, transparan, dan terukur, yang merupakan ciri khas dari penilaian berbasis OBE. Semua indikator dirancang untuk secara langsung mengukur pencapaian CPMK dan Sub-CPMK yang telah ditetapkan.