Kode MK: TKO201 | Semester: 2 | Bobot SKS: 3 (2-1)
Dosen Pengampu: _______________________ | Tanggal Penyusunan: 03 September 2025
Mata kuliah ini secara langsung berkontribusi pada pencapaian 3 Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi:
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK):
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa mampu:
| No | Komponen Penilaian | Bobot (%) | CPMK yang Diukur | Sub-CPMK yang Diukur |
|---|---|---|---|---|
| 1 | Quiz 1 | 5% | CPMK-1 | Sub-CPMK-1-1, Sub-CPMK-1-2 |
| 2 | Tugas 1 | 10% | CPMK-2 | Sub-CPMK-2-1 |
| 3 | Praktikum 1 | 10% | CPMK-2 | Sub-CPMK-2-2 |
| 4 | Tugas 2 | 15% | CPMK-3 | Sub-CPMK-3-1 |
| 5 | Quiz 2 | 5% | CPMK-3 | Sub-CPMK-3-2 |
| 6 | Tugas 3 | 10% | CPMK-4 | Sub-CPMK-4-1 |
| 7 | Praktikum 2 | 10% | CPMK-4 | Sub-CPMK-4-2 |
| 8 | Ujian Tengah Semester (UTS) | 20% | CPMK-1, CPMK-2, CPMK-3 | Semua Sub-CPMK hingga minggu ke-7 |
| 9 | Tugas 4 | 10% | CPMK-5 | Sub-CPMK-5-1 |
| 10 | Quiz 3 | 5% | CPMK-5 | Sub-CPMK-5-2 |
| 11 | Proyek Akhir | 20% | CPMK-3, CPMK-4, CPMK-5 | Sub-CPMK-3-1, Sub-CPMK-4-1, Sub-CPMK-5-1 |
| 12 | Presentasi Projek | 10% | Semua | Kemampuan komunikasi dan presentasi |
| 13 | Ujian Akhir Semester (UAS) | 30% | Semua CPMK | Semua Sub-CPMK |
| TOTAL | 100% | |||
| Kriteria Penilaian | Sangat Baik (A | 86-100) | Baik (B | 71-85) | Cukup (C | 56-70) | Kurang (D | 41-55) | Sangat Kurang (E | ≤40) |
|---|---|---|---|---|---|
| a. Ketepatan & Kebenaran (Kebenaran factual jawaban atau hasil simulasi) |
100% akurat. Semua jawaban atau hasil simulasi benar tanpa kesalahan. | Mayoritas akurat. Terdapat 1-2 kesalahan minor yang tidak signifikan. | Cukup akurat. Terdapat beberapa kesalahan namun menunjukkan pemahaman dasar. | Tidak akurat. Banyak jawaban atau hasil simulasi yang salah. | Sangat tidak akurat. Hampir semua jawaban atau hasil simulasi salah. |
| b. Kedalaman Analisis & Pemahaman Konsep (Kemampuan menjelaskan alasan, "mengapa", dan "bagaimana") |
Analisis sangat mendalam dan komprehensif. Mampu menghubungkan berbagai konsep dengan contoh yang relevan. | Analisis mendalam dan logis. Mampu menjelaskan konsep dengan baik. | Analisis cukup. Dapat menjelaskan tetapi kurang mendalam dan contoh terbatas. | Analisis sangat terbatas. Hanya menyebutkan fakta tanpa penjelasan. | Tidak ada analisis atau pemahaman konsep yang terlihat. |
| c. Kelengkapan & Kesesuaian (Kesesuaian dengan instruksi, kelengkapan jawaban/komponen) |
Lengkap dan melampaui ekspektasi. Semua instruksi dipenuhi dengan detail yang sangat lengkap. | Lengkap dan sesuai. Semua instruksi dipenuhi dengan baik. | Cukup lengkap. Sebagian besar instruksi dipenuhi, ada beberapa hal yang kurang. | Tidak lengkap. Banyak instruksi penting yang tidak dipenuhi. | Sangat tidak lengkap. Pengerjaan tidak sesuai instruksi. |
| d. Kerapihan & Struktur Penulisan (Sistematika, kerapihan, kejelasan bahasa, penggunaan terminologi) |
Sangat rapi dan terstruktur. Penjelasan sangat jelas, mudah diikuti, dan menggunakan terminologi yang tepat. | Rapi dan terstruktur. Penjelasan jelas dan menggunakan terminologi yang cukup tepat. | Cukup rapi. Struktur dan penjelasan dapat dipahami meski kurang sistematis. | Tidak rapi. Struktur berantakan, penjelasan sulit dipahami. | Sangat tidak rapi. Tidak terstruktur dan tidak dapat dinilai. |
| Kriteria Penilaian | Sangat Baik (A | 86-100) | Baik (B | 71-85) | Cukup (C | 56-70) | Kurang (D | 41-55) | Sangat Kurang (E | ≤40) |
|---|---|---|---|---|---|
| a. Kualitas Desain & Fungsionalitas (Keberhasilan rancangan dalam bekerja sesuai spesifikasi) |
Desain sangat inovatif, orisinal, dan berfungsi sempurna melebihi spesifikasi yang diminta. | Desain baik, logis, dan berfungsi sesuai dengan spesifikasi yang diminta. | Desain cukup, berfungsi dengan beberapa kekurangan atau error minor. | Desain memiliki banyak kekurangan dan tidak berfungsi dengan baik. | Desain gagal total atau tidak sesuai dengan tujuan. |
| b. Penerapan Konsep Kuliah (Integrasi dan aplikasi materi yang telah dipelajari) |
Menerapkan secara integratif dan kreatif hampir semua konsep kuliah yang relevan. | Menerapkan dengan baik banyak konsep kuliah yang relevan. | Menerapkan beberapa konsep dasar dengan integrasi yang sederhana. | Hanya menerapkan satu atau dua konsep dengan sangat sederhana. | Tidak menunjukkan penerapan konsep yang dipelajari. |
| c. Kompleksitas (Tingkat kesulitan dan kerumitan dari solusi yang dirancang) |
Tingkat kompleksitas sangat tinggi. Menunjukkan usaha dan tantangan yang signifikan. | Tingkat kompleksitas tinggi. Solusi yang dirancang cukup menantang. | Tingkat kompleksitas cukup. Sesuai dengan tingkat kesulitan yang diharapkan. | Tingkat kompleksitas rendah. Solusi yang dirancang sangat sederhana. | Tingkat kompleksitas sangat rendah. Hanya mengulang contoh yang ada. |
| d. Dokumentasi Projek (Kelengkapan laporan: latar belakang, metode, hasil, pembahasan) |
Dokumentasi sangat lengkap dan profesional. Menjelaskan setiap tahap dengan sangat jelas dan detail. | Dokumentasi lengkap. Menjelaskan tahapan proyek dengan baik dan jelas. | Dokumentasi cukup lengkap. Penjelasan beberapa bagian kurang detail. | Dokumentasi tidak lengkap. Penjelasan sulit dipahami dan banyak hal yang missing. | Hampir tidak ada dokumentasi yang berarti. |
| Kriteria Penilaian | Sangat Baik (A | 86-100) | Baik (B | 71-85) | Cukup (C | 56-70) | Kurang (D | 41-55) | Sangat Kurang (E | ≤40) |
|---|---|---|---|---|---|
| a. Penguasaan Materi (Kemampuan menjelaskan dan mendalami topik yang dipresentasikan) |
Penguasaan materi sangat baik. Mampu menjelaskan detail dan menjawab semua pertanyaan dengan lugas dan percaya diri. | Penguasaan materi baik. Mampu menjelaskan dengan jelas dan menjawab sebagian besar pertanyaan. | Penguasaan materi cukup. Mampu menjelaskan poin-poin utama tetapi kurang mendalam. | Penguasaan materi terbatas. Kesulitan menjelaskan dan menjawab pertanyaan. | Tidak menguasai materi yang dipresentasikan. |
| b. Keterampilan Komunikasi (Kejelasan suara, intonasi, bahasa tubuh, dan engagement dengan audiens) |
Komunikasi sangat efektif dan menarik. Suara jelas, intonasi baik, bahasa tubuh profesional, dan mampu menarik perhatian audiens. | Komunikasi efektif. Suara jelas, penyampaian terstruktur, dan cukup engaging. | Komunikasi cukup jelas. Penyampaian dapat dipahami namun datar atau kurang engaging. | Komunikasi tidak efektif. Suara tidak jelas, gugup, dan sulit dipahami. | Komunikasi sangat tidak efektif. Tidak dapat menyampaikan ide dengan jelas. |
| c. Kualitas Slide & Media (Kerapihan, desain, kejelasan visual, dan kesesuaian konten) |
Slide sangat rapi, visual menarik, dan kontennya padat bernilai. Mendukung presentasi dengan sempurna. | Slide rapi dan jelas. Kontennya baik dan mendukung presentasi. | Slide cukup rapi. Kontennya sederhana namun dapat menyampaikan pesan. | Slide tidak rapi. Terlalu banyak text atau visual yang tidak mendukung. | Slide sangat buruk. Tidak membantu presentasi sama sekali. |
| d. Manajemen Waktu (Kemampuan menyampaikan materi dalam waktu yang dialokasikan) |
Sangat tepat waktu. Materi disampaikan dengan lengkap dalam alokasi waktu yang diberikan. | Tepat waktu. Dapat menyelesaikan presentasi sesuai waktu tanpa terburu-buru atau kepanjangan. | Cukup tepat waktu. Terlalu cepat atau sedikit melebihi waktu yang dialokasikan. | Tidak tepat waktu. Presentasi terlalu singkat atau sangat melebihi waktu. | Sangat tidak tepat waktu. Tidak dapat mengatur waktu presentasi sama sekali. |
Rubrik ini menjamin bahwa penilaian dilakukan secara objektif, transparan, dan terukur, yang merupakan ciri khas dari penilaian berbasis OBE. Semua indikator dirancang untuk secara langsung mengukur pencapaian CPMK dan Sub-CPMK yang telah ditetapkan.