TUTORIAL PERANCANGAN KURIKULUM OBE
Simulasi: Program Studi D3-Teknik Komputer PNP
ANALISIS KEBUTUHAN DAN LANDASAN PERANCANGAN
a. Visi dan Misi Program Studi
Visi:
Menjadi program studi vokasi unggul di bidang teknik komputer yang inovatif, bermartabat, berkearifan lokal, berwawasan lingkungan, dan berdaya saing internasional.
Misi:
- Menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang teknik komputer yang berkualitas melalui pembelajaran berbasis proyek, praktik di laboratorium berteknologi mutakhir, dan magang industri untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, berkarakter, dan siap bersaing di pasar global.
- Menyelenggarakan penelitian terapan dan pengembangan inovasi di bidang sistem komputer, embedded system, dan Internet of Things (IoT) yang adaptif untuk memecahkan masalah industri dan masyarakat dengan memanfaatkan potensi lokal.
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat secara aplikatif dalam bentuk solusi teknologi, pelatihan, dan pendampingan untuk meningkatkan kemampuan digital dan memecahkan permasalahan komunitas dan UMKM lokal.
- Menyelenggarakan tata kelola program studi yang efektif, transparan, dan berbasis teknologi digital untuk mendukung tercapainya tridharma perguruan tinggi secara optimal.
- Membangun dan mengembangkan kemitraan strategis dengan industri teknologi, perguruan tinggi, dan lembaga internasional untuk meningkatkan kualitas magang, kolaborasi riset, dan kesiapan karir lulusan.
b. KKNI Level 5
Berdasarkan Perpres No. 8 Tahun 2012 tentang KKNI, lulusan D3 setara dengan Level 5 dengan deskripsi kualifikasi sebagai berikut:
- Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas, memilih metode yang sesuai dari beragam pilihan yang sudah maupun belum baku dengan menganalisis data.
- Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
- Mampu mengelola kelompok kerja dan menyusun laporan tertulis secara komprehensif.
- Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok.
c. Ranah Keilmuan
- Teknik Komputer
- Embedded Systems
- Internet of Things (IoT)
- Jaringan Komputer
- Pemrograman Sistem
- Keamanan Siber
- Robotika
- Technopreneurship
d. Kurikulum Prodi Sejenis (Benchmarking)
Berdasarkan studi benchmarking terhadap prodi sejenis di perguruan tinggi vokasi terkemuka (seperti Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Politeknik Negeri Bandung, dan Politeknik Negeri Jakarta), serta mengacu pada standar internasional (IEEE/ACM Computing Curricula), diperoleh tren kurikulum yang menekankan pada:
- Pembelajaran berbasis proyek (project-based learning)
- Integrasi teknologi IoT dan embedded systems
- Sertifikasi kompetensi industri (Cisco, Mikrotik, CompTIA)
- Magang industri minimal 1 semester
- Kewirausahaan teknologi (technopreneurship)
e. Tren Industri dan Kebutuhan Stakeholder
Berdasarkan hasil forum grup diskusi (FGD) dengan industri mitra (PT. Telkom Indonesia, PT. Len Industri, Schneider Electric, IBM Indonesia, dan startup lokal), serta analisis kebutuhan pasar kerja melalui platform LinkedIn dan Jobstreet, diperoleh informasi sebagai berikut:
1. Keterampilan Teknis yang Dibutuhkan:
- Pemrograman embedded (C, C++, Python)
- Jaringan komputer dan IoT (TCP/IP, MQTT, LoRaWAN)
- Keamanan sistem dan jaringan
- Cloud computing dan edge computing
- Robotika dan automasi
2. Keterampilan Non-Teknis:
- Komunikasi efektif
- Kerja tim dan kolaborasi
- Problem solving dan critical thinking
- Adaptabilitas dan pembelajaran seumur hidup
- Kewirausahaan dan inovasi
3. Sertifikasi yang Direkomendasikan:
- Cisco Certified Network Associate (CCNA)
- Mikrotik Certified Network Associate (MTCNA)
- CompTIA Security+
- AWS Cloud Practitioner
- Arduino Certified Engineer
4. Profil Lulusan yang Diharapkan:
- Teknisi embedded system
- Network administrator
- IoT developer
- Technopreneur
- System support specialist
f. Dasar Hukum dan Regulasi
- Permendiktisaintek No. 39 Tahun 2025 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.
- Perpres No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
- Peraturan Pemerintah No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi.
- PP No. 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan sebagaimana telah diubah dengan PP No. 4 Tahun 2022.
- Visi dan Misi Politeknik Negeri Padang serta Prodi D3-Teknik Komputer.
Dokumen ini menjadi landasan utama dalam perancangan kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE) untuk Prodi D3-Teknik Komputer.
1. PERUMUSAN TUJUAN PENDIDIKAN PROGRAM STUDI (TPP)
| No |
Kode TPP |
Tujuan Pendidikan Program Studi |
| 1 |
TPP-1 |
Menerapkan pengetahuan matematika, sains, dan prinsip-prinsip teknik komputer untuk menyelesaikan permasalahan di bidang embedded system, IoT, dan jaringan komputer. |
| 2 |
TPP-2 |
Merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi sistem komputer dan embedded yang inovatif berbasis IoT dengan mempertimbangkan aspek keamanan, keandalan, dan keberlanjutan. |
| 3 |
TPP-3 |
Mengelola proyek teknologi berbasis komputer secara mandiri maupun dalam tim dengan menerapkan prinsip-prinsip manajemen proyek dan komunikasi efektif. |
| 4 |
TPP-4 |
Beradaptasi dengan perkembangan teknologi terkini dan menunjukkan etika profesional serta semangat kewirausahaan dalam pengembangan karir di bidang teknik komputer. |
Penjelasan Rumusan TPP:
TPP-1: Menerapkan pengetahuan matematika, sains, dan prinsip-prinsip teknik komputer
- Landasan: Sesuai dengan KKNI Level 5 yang mensyaratkan penguasaan konsep teoritis secara umum dan kemampuan memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
- Konteks: Lulusan harus mampu mengaplikasikan ilmu dasar dan prinsip teknik komputer untuk menyelesaikan masalah di bidang embedded system, IoT, dan jaringan komputer.
TPP-2: Merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi sistem komputer dan embedded
- Landasan: Berdasarkan tren industri yang membutuhkan lulusan yang mampu merancang sistem inovatif berbasis IoT dengan memperhatikan aspek keamanan dan keberlanjutan.
- Konteks: Lulusan harus mampu membuat solusi teknologi yang tidak hanya berfungsi dengan baik tetapi juga aman, andal, dan ramah lingkungan.
TPP-3: Mengelola proyek teknologi berbasis komputer
- Landasan: Sesuai dengan kebutuhan stakeholder akan lulusan yang mampu bekerja dalam tim dan mengelola proyek dengan prinsip manajemen yang baik.
- Konteks: Lulusan harus memiliki kemampuan manajerial dan komunikasi untuk memimpin atau berkontribusi dalam tim pengembangan teknologi.
TPP-4: Beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan menunjukkan etika profesional
- Landasan: Berdasarkan visi misi prodi yang menekankan pada lulusan yang berdaya saing global dan berkarakter.
- Konteks: Lulusan harus menjadi pembelajar sepanjang hayat yang mampu beradaptasi dengan perubahan teknologi cepat dan menjunjung tinggi etika profesional serta semangat kewirausahaan.
Keterkaitan dengan Visi-Misi Prodi:
- TPP-1 dan TPP-2 mendukung misi 1 (penyelenggaraan pendidikan vokasi berkualitas).
- TPP-2 dan TPP-4 mendukung misi 2 (penelitian terapan dan inovasi).
- TPP-3 dan TPP-4 mendukung misi 3 (pengabdian masyarakat dan kemitraan).
- Semua TPP mendukung visi prodi untuk menghasilkan lulusan yang unggul, inovatif, dan berdaya saing internasional.
Keterkaitan dengan KKNI Level 5:
- TPP-1: sesuai dengan deskripsi "menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum".
- TPP-2: sesuai dengan "mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas".
- TPP-3: sesuai dengan "mampu mengelola kelompok kerja".
- TPP-4: sesuai dengan "bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok".
Dokumen TPP ini menjadi acuan utama dalam perumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dan pengembangan kurikulum berbasis OBE selanjutnya.
Langkah selanjutnya adalah penetapan Profil Lulusan (PL) yang akan dijabarkan dari TPP ini.
2. PENETAPAN PROFIL LULUSAN (PL)
2.1 Tabel Profil Lulusan (PL)
| No |
Kode PL |
Profil Lulusan |
Deskripsi Profil Lulusan |
| 1 |
PL-1 |
Embedded System Technician |
Lulusan yang mampu merancang, memprogram, mengimplementasikan, dan memelihara sistem embedded untuk aplikasi industri, IoT, dan automasi. |
| 2 |
PL-2 |
IoT Solution Developer |
Lulusan yang mampu mengembangkan solusi Internet of Things (IoT) terintegrasi meliputi sensor, aktuator, jaringan komunikasi, dan platform cloud. |
| 3 |
PL-3 |
Computer Network Technician |
Lulusan yang mampu menginstall, mengkonfigurasi, dan memelihara jaringan komputer serta melakukan troubleshooting masalah jaringan. |
| 4 |
PL-4 |
Technopreneur in Computer Technology |
Lulusan yang mampu mengidentifikasi peluang bisnis, mengembangkan produk teknologi berbasis komputer, dan mengelola startup di bidang teknologi. |
2.2 Tabel Matriks Korelasi Profil Lulusan dan Tujuan Pendidikan Prodi (TPP)
| Kode PL |
Profil Lulusan |
TPP-1 |
TPP-2 |
TPP-3 |
TPP-4 |
| PL-1 |
Embedded System Technician |
√ |
√ |
√ |
√ |
| PL-2 |
IoT Solution Developer |
√ |
√ |
√ |
√ |
| PL-3 |
Computer Network Technician |
√ |
√ |
√ |
√ |
| PL-4 |
Technopreneur in Computer Technology |
√ |
|
√ |
√ |
Keterangan Hubungan:
- TPP-1: Menerapkan pengetahuan matematika, sains, dan prinsip-prinsip teknik komputer
- PL-1, PL-2, PL-3, PL-4: Semua profil lulusan memerlukan dasar pengetahuan teknik komputer yang kuat untuk menyelesaikan masalah di bidangnya.
- TPP-2: Merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi sistem komputer dan embedded
- PL-1, PL-2, PL-3: Profil Embedded System Technician, IoT Solution Developer, dan Computer Network Technician secara langsung terkait dengan perancangan dan implementasi sistem.
- PL-4 (Technopreneur) lebih berfokus pada aspek bisnis dan manajemen, sehingga tidak secara langsung merancang sistem.
- TPP-3: Mengelola proyek teknologi berbasis komputer
- PL-1, PL-2, PL-3, PL-4: Semua profil lulusan membutuhkan kemampuan manajemen proyek, baik dalam tim teknis maupun dalam mengelola usaha startup.
- TPP-4: Beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan menunjukkan etika profesional
- PL-1, PL-2, PL-3, PL-4: Kemampuan adaptasi dan etika profesional merupakan kebutuhan semua profil lulusan dalam menghadapi dinamika industri teknologi.
Keterkaitan dengan Visi-Misi Prodi:
- PL-1, PL-2, dan PL-3 mendukung misi 1 dalam menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang teknik komputer.
- PL-4 mendukung misi 5 dalam membangun kemitraan strategis dan menciptakan lulusan yang berjiwa wirausaha.
- Semua profil lulusan mendukung visi prodi untuk menjadi program studi vokasi unggul yang berdaya saing internacional.
Keterkaitan dengan KKNI Level 5:
- Semua profil lulusan sesuai dengan deskripsi KKNI Level 5 yang mencakup kemampuan menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas, mengelola kelompok kerja, dan bertanggung jawab atas hasil kerja.
Keterkaitan dengan Kebutuhan Industri:
- PL-1 dan PL-2 merespons tren industri dalam bidang embedded system dan IoT.
- PL-3 memenuhi kebutuhan akan tenaga teknis jaringan komputer.
- PL-4 menjawab kebutuhan akan kreator startup teknologi dan technopreneur.
Dokumen profil lulusan ini menjadi dasar untuk perumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dan pengembangan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan stakeholder dan perkembangan industri teknologi.
Langkah selanjutnya adalah perumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang akan dijabarkan dari Profil Lulusan.
3. PERUMUSAN CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
3.1 Tabel Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
| Kode CPL |
Deskripsi Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) |
| CPL-1 |
Mampu menunjukkan sikap bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; meninternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; serta menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
| CPL-2 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang teknik komputer. |
| CPL-3 |
Mampu mengoperasikan, memelihara, dan melakukan troubleshooting perangkat keras dan lunak sistem komputer serta jaringan komputer. |
| CPL-4 |
Mampu merancang dan mengimplementasikan sistem embedded menggunakan mikrokontroler dan antarmuka sensor-aktuator untuk aplikasi industri dan IoT. |
| CPL-5 |
Mampu mengembangkan solusi Internet of Things (IoT) yang terintegrasi meliputi perangkat embedded, jaringan komunikasi, dan platform cloud. |
| CPL-6 |
Mampu menginstall, mengkonfigurasi, dan mengelola jaringan komputer serta melakukan troubleshooting masalah jaringan. |
| CPL-7 |
Mampu menerapkan prinsip-prinsip keamanan siber dalam pengembangan sistem komputer dan jaringan. |
| CPL-8 |
Mampu berkomunikasi efektif, bekerja dalam tim, dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi serta menunjukkan etika profesional dalam lingkungan kerja. |
3.2 Tabel Matriks Hubungan CPL dengan Profil Lulusan (PL)
| Kode CPL |
Deskripsi Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) |
PL-1 |
PL-2 |
PL-3 |
PL-4 |
| CPL-1 |
Sikap dan nilai |
√ |
√ |
√ |
√ |
| CPL-2 |
Pemikiran logis dan inovatif |
√ |
√ |
√ |
√ |
| CPL-3 |
Operasi dan maintenance sistem komputer |
√ |
√ |
|
|
| CPL-4 |
Rancang bangun sistem embedded |
√ |
√ |
|
|
| CPL-5 |
Pengembangan solusi IoT |
|
√ |
|
|
| CPL-6 |
Manajemen jaringan komputer |
|
|
√ |
|
| CPL-7 |
Keamanan siber |
√ |
√ |
√ |
|
| CPL-8 |
Komunikasi dan adaptasi teknologi |
√ |
√ |
√ |
√ |
3.3 Tabel Matriks Hubungan CPL dengan Tujuan Pendidikan Program Studi (TPP)
| Kode CPL |
Deskripsi Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) |
TPP-1 |
TPP-2 |
TPP-3 |
TPP-4 |
| CPL-1 |
Sikap dan nilai |
|
|
|
√ |
| CPL-2 |
Pemikiran logis dan inovatif |
√ |
√ |
|
|
| CPL-3 |
Operasi dan maintenance sistem komputer |
√ |
|
|
|
| CPL-4 |
Rancang bangun sistem embedded |
√ |
√ |
|
|
| CPL-5 |
Pengembangan solusi IoT |
√ |
√ |
|
|
| CPL-6 |
Manajemen jaringan komputer |
√ |
√ |
|
|
| CPL-7 |
Keamanan siber |
√ |
√ |
|
|
| CPL-8 |
Komunikasi dan adaptasi teknologi |
|
|
√ |
√ |
Penjelasan Rumusan CPL:
- CPL-1: Sikap dan nilai
- Dirumuskan berdasarkan Permendiktisaintek No. 39 Tahun 2025 tentang standar sikap lulusan pendidikan tinggi
- Mencakup aspek religiusitas, etika, kemandirian, dan tanggung jawab
- CPL-2: Pemikiran logis dan inovatif
- Memenuhi unsur keterampilan umum KKNI Level 5
- Kemampuan berpikir kritis dan inovatif dalam menyelesaikan masalah
- CPL-3: Operasi dan maintenance sistem komputer
- Fokus pada kemampuan teknis dasar bidang teknik komputer
- Sesuai dengan kebutuhan industri akan tenaga teknis yang terampil
- CPL-4: Rancang bangun sistem embedded
- Inti kompetensi teknik komputer sesuai visi misi prodi
- Menjawab tren industri embedded system dan automasi
- CPL-5: Pengembangan solusi IoT
- Berbasis tren industri Internet of Things yang berkembang pesat
- Mengintegrasikan hardware, software, dan jaringan
- CPL-6: Manajemen jaringan komputer
- Kebutuhan dasar dalam bidang teknik komputer
- Sesuai dengan profil lulusan sebagai network technician
- CPL-7: Keamanan siber
- Merespons kebutuhan akan keamanan sistem yang semakin kritis
- Melengkapi kompetensi teknik komputer yang komprehensif
- CPL-8: Komunikasi dan adaptasi teknologi
- Keterampilan non-teknis yang esensial di dunia kerja
- Mendukung kemampuan adaptasi dengan perkembangan teknologi
Keterkaitan dengan KKNI Level 5:
- CPL-2, CPL-3, CPL-4 sesuai dengan "mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas"
- CPL-2 sesuai dengan "menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum"
- CPL-8 sesuai dengan "mampu mengelola kelompok kerja"
- CPL-1 sesuai dengan "bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri"
Dokumen CPL ini menjadi acuan dalam pengembangan bahan kajian, mata kuliah, dan evaluasi pembelajaran untuk menjamin pencapaian kompetensi lulusan yang sesuai dengan kebutuhan stakeholder dan standar nasional.
Langkah selanjutnya adalah Penentuan Bahan Kajian (BK) yang akan dijabarkan dari CPL.
4. PENENTUAN BAHAN KAJIAN (BK)
4.1 Tabel Bahan Kajian Berdasarkan CPL Prodi
| Kode CPL |
Deskripsi CPL Prodi |
Bahan Kajian (Kode BK) |
Nama Bahan Kajian |
| CPL-1 |
Mampu menunjukkan sikap bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; meninternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; serta menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
BK-1 |
Agama dan Kewarganegaraan |
| CPL-2 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang teknik komputer. |
BK-2 |
Matematika dan Sains Dasar |
|
|
BK-3 |
Pemecahan Masalah Teknik |
| CPL-3 |
Mampu mengoperasikan, memelihara, dan melakukan troubleshooting perangkat keras dan lunak sistem komputer serta jaringan komputer. |
BK-4 |
Sistem Komputer dan Jaringan |
|
|
BK-5 |
Pemeliharaan Sistem |
| CPL-4 |
Mampu merancang dan mengimplementasikan sistem embedded menggunakan mikrokontroler dan antarmuka sensor-aktuator untuk aplikasi industri dan IoT. |
BK-6 |
Embedded System |
|
|
BK-7 |
Sensor dan Aktuator |
| CPL-5 |
Mampu mengembangkan solusi Internet of Things (IoT) yang terintegrasi meliputi perangkat embedded, jaringan komunikasi, dan platform cloud. |
BK-8 |
Internet of Things |
|
|
BK-9 |
Jaringan Komunikasi Data |
| CPL-6 |
Mampu menginstall, mengkonfigurasi, dan mengelola jaringan komputer serta melakukan troubleshooting masalah jaringan. |
BK-10 |
Jaringan Komputer |
|
|
BK-11 |
Administrasi Jaringan |
| CPL-7 |
Mampu menerapkan prinsip-prinsip keamanan siber dalam pengembangan sistem komputer dan jaringan. |
BK-12 |
Keamanan Siber |
|
|
BK-13 |
Etika Teknologi Informasi |
| CPL-8 |
Mampu berkomunikasi efektif, bekerja dalam tim, dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi serta menunjukkan etika profesional dalam lingkungan kerja. |
BK-14 |
Komunikasi Profesional |
|
|
BK-15 |
Kewirausahaan Teknologi |
Deskripsi Bahan Kajian
| Kode BK |
Nama Bahan Kajian |
Deskripsi Bahan Kajian |
| BK-1 |
Agama dan Kewarganegaraan |
Bahan kajian tentang nilai-nilai religius, moral, etika, dan kewarganegaraan untuk membentuk karakter lulusan yang bertakwa dan bertanggung jawab. |
| BK-2 |
Matematika dan Sains Dasar |
Bahan kajian tentang matematika diskrit, fisika listrik, dan elektronika digital sebagai fondasi ilmu teknik komputer. |
| BK-3 |
Pemecahan Masalah Teknik |
Bahan kajian tentang algoritma, pemrograman, struktur data, dan metode numerik untuk melatih kemampuan penyelesaian masalah. |
| BK-4 |
Sistem Komputer dan Jaringan |
Bahan kajian tentang arsitektur komputer, sistem operasi, dan dasar-dasar jaringan komputer. |
| BK-5 |
Pemeliharaan Sistem |
Bahan kajian about troubleshooting perangkat keras, perawatan perangkat lunak, dan diagnostic sistem komputer. |
tr>
| BK-6 |
Embedded System |
Bahan kajian tentang pemrograman mikrokontroler, embedded system, dan desain sistem embedded. |
| BK-7 |
Sensor dan Aktuator |
Bahan kajian tentang prinsip kerja sensor, antarmuka aktuator, dan instrumentasi elektronika. |
| BK-8 |
Internet of Things |
Bahan kajian tentang arsitektur IoT, protokol komunikasi IoT, dan platform cloud untuk IoT. |
| BK-9 |
Jaringan Komunikasi Data |
Bahan kajian tentang protokol komunikasi, komunikasi data, telekomunikasi, dan jaringan nirkabel. |
| BK-10 |
Jaringan Komputer |
Bahan kajian tentang desain jaringan, konfigurasi perangkat jaringan, dan manajemen jaringan komputer. |
| BK-11 |
Administrasi Jaringan |
Bahan kajian tentang monitoring, optimasi, dan troubleshooting jaringan komputer. |
| BK-12 |
Keamanan Siber |
Bahan kajian tentang prinsip keamanan jaringan, ethical hacking, dan pertahanan siber. |
| BK-13 |
Etika Teknologi Informasi |
Bahan kajian tentang etika profesi, hak kekayaan intelektual, dan tanggung jawab profesional di bidang TI. |
| BK-14 |
Komunikasi Profesional |
Bahan kajian tentang teknik komunikasi efektif, presentasi teknis, dan kerja tim dalam lingkungan profesional. |
| BK-15 |
Kewirausahaan Teknologi |
Bahan kajian tentang pengembangan startup teknologi, business model canvas, dan manajemen proyek teknologi. |
Penjelasan Logika Penjabaran:
- CPL-1: Hanya memerlukan BK-1 (Agama dan Kewarganegaraan) karena bahan kajian ini secara khusus dirancang untuk menanamkan sikap dan nilai-nilai lulusan.
- CPL-2: Memerlukan BK-2 (Matematika dan Sains Dasar) sebagai fondasi sains dan BK-3 (Pemecahan Masalah Teknik) untuk melatih kemampuan berpikir kritis dan pengambilan keputusan dalam konteks teknik.
- CPL-3: Memerlukan BK-4 (Sistem Komputer dan Jaringan) untuk pemahaman dasar sistem dan BK-5 (Pemeliharaan Sistem) untuk kemampuan praktikal maintenance dan troubleshooting.
- CPL-4: Memerlukan BK-6 (Embedded System) untuk penguasaan mikrokontroler dan BK-7 (Sensor dan Aktuator) untuk kemampuan antarmuka dengan dunia fisik.
- CPL-5: Memerlukan BK-8 (Internet of Things) untuk pengembangan solusi IoT dan BK-9 (Jaringan Komunikasi Data) untuk pemahaman komunikasi data yang menjadi tulang punggung IoT.
- CPL-6: Memerlukan BK-10 (Jaringan Komputer) untuk desain dan konfigurasi jaringan serta BK-11 (Administrasi Jaringan) untuk kemampuan manajemen dan troubleshooting jaringan.
- CPL-7: Memerlukan BK-12 (Keamanan Siber) untuk teknik pengamanan sistem dan BK-13 (Etika Teknologi Informasi) untuk pemahaman tanggung jawab etikal dalam praktik keamanan siber.
- CPL-8: Memerlukan BK-14 (Komunikasi Profesional) untuk kemampuan soft skills dan BK-15 (Kewirausahaan Teknologi) untuk pengembangan jiwa entrepreneur di bidang teknologi.
Tabel ini menjadi dasar untuk membentuk mata kuliah yang akan disusun pada tahap selanjutnya. Setiap bahan kajian nantinya akan dijabarkan menjadi satu atau beberapa mata kuliah yang mendukung pencapaian CPL sesuai dengan kebutuhan kompetensi lulusan.
Langkah selanjutnya adalah Pembentukan Mata Kuliah dan Penentuan Bobot SKS yang akan dijabarkan dari Bahan Kajian.
5. PEMBENTUKAN MATA KULIAH DAN PENENTUAN BOBOT SKS
5.1 Tabel Pembentukan Mata Kuliah dari Bahan Kajian
| Bahan Kajian (Kode BK) |
Unsur dalam BK |
Nama Mata Kuliah |
SKS |
Kode MK |
| BK-1 (Agama dan Kewarganegaraan) |
Nilai dan etika |
Pendidikan Agama |
2 |
UNG100 |
|
Kebangsaan dan hukum |
Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan |
2 |
UNG101 |
| BK-2 (Matematika dan Sains Dasar) |
Matematika diskrit |
Matematika Diskrit |
3 |
TKO101 |
|
Fisika listrik |
Fisika Listrik dan Elektronika |
3 |
TKO102 |
|
Elektronika digital |
Elektronika Digital |
3 |
TKO103 |
| BK-3 (Pemecahan Masalah Teknik) |
Algoritma dan pemrograman |
Algoritma dan Pemrograman |
3 |
TKO104 |
|
Struktur data |
Struktur Data |
3 |
TKO105 |
|
Metodologi pemecahan masalah |
Metode Numerik |
2 |
TKO106 |
| BK-4 (Sistem Komputer dan Jaringan) |
Arsitektur komputer |
Arsitektur Komputer |
3 |
TKO201 |
|
Sistem operasi |
Sistem Operasi |
3 |
TKO202 |
|
Dasar jaringan |
Jaringan Komputer Dasar |
3 |
TKO203 |
| BK-5 (Pemeliharaan Sistem) |
Troubleshooting hardware |
Troubleshooting Perangkat Keras |
2 |
TKO204 |
|
Maintenance software |
Pemeliharaan Perangkat Lunak |
2 |
TKO205 |
|
Diagnostic sistem |
Diagnostic Sistem Komputer |
2 |
TKO206 |
| BK-6 (Embedded System) |
Mikrokontroler |
Pemrograman Mikrokontroler |
3 |
TKO301 |
|
Pemrograman embedded |
Pemrograman Embedded System |
3 |
TKO302 |
|
Desain sistem embedded |
Desain Sistem Embedded |
3 |
TKO303 |
| BK-7 (Sensor dan Aktuator) |
Prinsip kerja sensor |
Sensor dan Transducer |
2 |
TKO304 |
|
Antarmuka aktuator |
Aktuator dan Sistem Kendali |
2 |
TKO305 |
|
Instrumentasi |
Instrumentasi Elektronika |
2 |
TKO306 |
| BK-8 (Internet of Things) |
Arsitektur IoT |
Arsitektur Internet of Things |
3 |
TKO401 |
|
Protokol IoT |
Protokol dan Komunikasi IoT |
3 |
TKO402 |
|
Platform cloud IoT |
Cloud Computing untuk IoT |
3 |
TKO403 |
| BK-9 (Jaringan Komunikasi Data) |
Protokol komunikasi |
Protokol Jaringan Komputer |
3 |
TKO404 |
|
Komunikasi data |
Komunikasi Data dan Telekomunikasi |
3 |
TKO405 |
|
Jaringan nirkabel |
Jaringan Nirkabel dan Mobile |
3 |
TKO406 |
| BK-10 (Jaringan Komputer) |
Desain jaringan |
Desain dan Implementasi Jaringan |
3 |
TKO501 |
|
Konfigurasi perangkat |
Konfigurasi Perangkat Jaringan |
3 |
TKO502 |
|
Manajemen jaringan |
Manajemen Jaringan Komputer |
3 |
TKO503 |
| BK-11 (Administrasi Jaringan) |
Monitoring jaringan |
Monitoring dan Optimasi Jaringan |
2 |
TKO504 |
|
Troubleshooting jaringan |
Troubleshooting Jaringan |
2 |
TKO505 |
|
Keamanan jaringan |
Keamanan Jaringan |
2 |
TKO506 |
| BK-12 (Keamanan Siber) |
Ethical hacking |
Keamanan Jaringan dan Ethical Hacking |
3 |
TKO601 |
|
Pertahanan siber |
Sistem Pertahanan Siber |
3 |
TKO602 |
|
Forensik digital |
Forensik Digital |
2 |
TKO603 |
| BK-13 (Etika Teknologi Informasi) |
Etika profesi |
Etika Profesi TI |
2 |
TKO604 |
|
HKI bidang TI |
Hak Kekayaan Intelektual TI |
2 |
TKO605 |
|
Tanggung jawab profesional |
Tanggung Jawab Profesional |
2 |
TKO606 |
| BK-14 (Komunikasi Profesional) |
Komunikasi teknis |
Komunikasi Teknis dan Presentasi |
2 |
TKO701 |
|
Kerja tim |
Manajemen Tim dan Proyek |
2 |
TKO702 |
|
Bahasa Inggris teknis |
Bahasa Inggris Teknis |
2 |
TKO703 |
| BK-15 (Kewirausahaan Teknologi) |
Startup teknologi |
Kewirausahaan Teknologi |
3 |
TKO704 |
|
Business model canvas |
Business Model Canvas |
2 |
TKO705 |
|
Manajemen proyek TI |
Manajemen Proyek Teknologi |
3 |
TKO706 |
| Integrasi |
|
Magang Industri |
8 |
TKO801 |
| Integrasi |
|
Tugas Akhir |
6 |
TKO802 |
Keterangan:
- SKS: Ditentukan berdasarkan kompleksitas dan kedalaman materi. Mata kuliah praktikum berbobot lebih besar pada komponen praktikum.
- Kode MK: Disusun secara sistematis:
- UNG: Mata Kuliah Umum (Universitas)
- TKO: Mata Kuliah Program Studi (Teknik Komputer)
- Angka Ratusan: Menunjukkan tingkat semester (1: semester 1, 2: semester 2, dst.)
- Pembagian SKS Teori dan Praktikum:
- Teori: 1 SKS = 50 menit tatap muka per minggu
- Praktikum: 1 SKS = 170 menit praktikum per minggu
- Contoh: Pemrograman Mikrokontroler (3 SKS) = 2 SKS Teori + 1 SKS Praktikum
- Mata Kuliah Pilihan: Dapat dipilih dari kelompok mata kuliah yang tersedia sesuai minat dan perkembangan teknologi
- Magang Industri dan Tugas Akhir: Merupakan integrasi dari berbagai bahan kajian untuk penerapan kompetensi secara komprehensif
Distribusi SKS per Semester
| Semester |
SKS Teori |
SKS Praktikum |
Total SKS |
| 1 |
16 |
4 |
20 |
| 2 |
14 |
6 |
20 |
| 3 |
12 |
8 |
20 |
| 4 |
10 |
10 |
20 |
| 5 |
8 |
12 |
20 |
| 6 |
0 |
14 |
14 |
| Total |
60 |
54 |
114 |
Catatan:
- Total SKS: 114 SKS, memenuhi Permendiktisaintek No. 39 Tahun 2025 untuk program D3
- Porsi praktikum: 54 SKS (47.4%), menonjolkan karakteristik vokasi
- Magang Industri: 8 SKS (1 semester)
- Tugas akhir: 6 SKS, berbasis proyek riil industri
Tabel ini menunjukkan bagaimana Bahan Kajian yang abstrak dijabarkan menjadi Mata Kuliah yang konkret, operasional, dan siap untuk dijadikan bagian dari struktur kurikulum.
Langkah selanjutnya adalah penyusunan Struktur Kurikulum per Semester.
6. PENYUSUNAN STRUKTUR KURIKULUM PER SEMESTER
Masa Studi: 6 Semester
Total SKS: 114 SKS
Keterangan Kelompok Mata Kuliah:
- MKU: Mata Kuliah Umum (Wajib Nasional)
- MKK: Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan
- MKB: Mata Kuliah Keahlian Berkarya
- MPB: Mata Kuliah Perilaku Berkarya
- MBB: Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat
SEMESTER 1 (20 SKS)
| No |
Kode MK |
Mata Kuliah |
SKS |
Teori |
Praktikum |
Kelompok |
| 1 |
UNG100 |
Pendidikan Agama |
2 |
2 |
0 |
MKU |
| 2 |
UNG101 |
Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan |
2 |
2 |
0 |
MKU |
| 3 |
UNG102 |
Bahasa Indonesia |
2 |
2 |
0 |
MKU |
| 4 |
TKO101 |
Matematika Diskrit |
3 |
3 |
0 |
MKK |
| 5 |
TKO102 |
Fisika Listrik dan Elektronika |
3 |
2 |
1 |
MKK |
| 6 |
TKO103 |
Elektronika Digital |
3 |
2 |
1 |
MKK |
| 7 |
TKO104 |
Algoritma dan Pemrograman |
3 |
2 |
1 |
MKB |
| 8 |
TKO105 |
Pengantar Teknik Komputer |
2 |
2 |
0 |
MKB |
| Total |
20 |
17 |
3 |
|
SEMESTER 2 (20 SKS)
| No |
Kode MK |
Mata Kuliah |
SKS |
Teori |
Praktikum |
Kelompok |
| 1 |
UNG103 |
Bahasa Inggris Teknis |
2 |
2 |
0 |
MPB |
| 2 |
TKO201 |
Arsitektur Komputer |
3 |
2 |
1 |
MKB |
| 3 |
TKO202 |
Sistem Operasi |
3 |
2 |
1 |
MKB |
| 4 |
TKO203 |
Jaringan Komputer Dasar |
3 |
2 |
1 |
MKB |
| 5 |
TKO204 |
Struktur Data |
3 |
2 |
1 |
MKB |
| 6 |
TKO205 |
Pemrograman Mikrokontroler |
3 |
2 |
1 |
MKB |
| 7 |
TKO206 |
Praktikum Lapangan Dasar |
3 |
0 |
3 |
MKB |
| Total |
20 |
12 |
8 |
|
SEMESTER 3 (20 SKS)
| No |
Kode MK |
Mata Kuliah |
SKS |
Teori |
Praktikum |
Kelompok |
| 1 |
TKO301 |
Pemrograman Embedded System |
3 |
2 |
1 |
MKB |
| 2 |
TKO302 |
Desain Sistem Embedded |
3 |
2 |
1 |
MKB |
| 3 |
TKO303 |
Sensor dan Transduser |
3 |
2 |
1 |
MKB |
| 4 |
TKO304 |
Jaringan Nirkabel dan Mobile |
3 |
2 |
1 |
MKB |
| 5 |
TKO305 |
Keamanan Jaringan |
2 |
2 |
0 |
MKB |
| 6 |
TKO306 |
Metode Numerik |
2 |
2 |
0 |
MKK |
| 7 |
TKO307 |
Praktikum Lapangan Lanjut |
4 |
0 |
4 |
MKB |
| Total |
20 |
12 |
8 |
|
SEMESTER 4 (20 SKS)
| No |
Kode MK |
Mata Kuliah |
SKS |
Teori |
Praktikum |
Kelompok |
| 1 |
TKO401 |
Arsitektur Internet of Things |
3 |
2 |
1 |
MKB |
| 2 |
TKO402 |
Protokol dan Komunikasi IoT |
3 |
2 |
1 |
MKB |
| 3 |
TKO403 |
Cloud Computing untuk IoT |
3 |
2 |
1 |
MKB |
| 4 |
TKO404 |
Desain dan Implementasi Jaringan |
3 |
2 |
1 |
MKB |
| 5 |
TKO405 |
Keamanan Jaringan dan Ethical Hacking |
3 |
2 |
1 |
MKB |
| 6 |
TKO406 |
Etika Profesi TI |
2 |
2 |
0 |
MPB |
| 7 |
TKO407 |
Komunikasi Teknis dan Presentasi |
3 |
2 |
1 |
MPB |
| Total |
20 |
14 |
6 |
|
SEMESTER 5 (20 SKS)
| No |
Kode MK |
Mata Kuliah |
SKS |
Teori |
Praktikum |
Kelompok |
| 1 |
TKO501 |
Sistem Pertahanan Siber |
3 |
2 |
1 |
MKB |
| 2 |
TKO502 |
Forensik Digital |
2 |
2 |
0 |
MKB |
| 3 |
TKO503 |
Manajemen Jaringan Komputer |
3 |
2 |
1 |
MKB |
| 4 |
TKO504 |
Kewirausahaan Teknologi |
3 |
3 |
0 |
MPB |
| 5 |
TKO505 |
Manajemen Proyek Teknologi |
3 |
3 |
0 |
MPB |
| 6 |
TKO506 |
Mata Kuliah Pilihan 1 |
3 |
2 |
1 |
MBB |
| 7 |
TKO507 |
Mata Kuliah Pilihan 2 |
3 |
2 |
1 |
MBB |
| Total |
20 |
16 |
4 |
|
SEMESTER 6 (14 SKS)
| No |
Kode MK |
Mata Kuliah |
SKS |
Teori |
Praktikum |
Kelompok |
| 1 |
TKO601 |
Magang Industri |
8 |
0 |
8 |
MBB |
| 2 |
TKO602 |
Tugas Akhir |
6 |
0 |
6 |
MBB |
| Total |
14 |
0 |
14 |
|
TOTAL KESELURUHAN SKS
| Semester |
SKS Teori |
SKS Praktikum |
Total SKS |
| 1 |
17 |
3 |
20 |
| 2 |
12 |
8 |
20 |
| 3 |
12 |
8 |
20 |
| 4 |
14 |
6 |
20 |
| 5 |
16 |
4 |
20 |
| 6 |
0 |
14 |
14 |
| Total |
71 |
43 |
114 |
DAFTAR MATA KULIAH PILIHAN
| Kode MK |
Nama Mata Kuliah Pilihan |
SKS |
Semester |
| TKO511 |
Robotika Dasar |
3 |
5 |
| TKO512 |
Embedded Linux |
3 |
5 |
| TKO513 |
Internet of Things Lanjut |
3 |
5 |
| TKO514 |
Cloud Security |
3 |
5 |
| TKO515 |
Technopreneurship |
3 |
5 |
| TKO516 |
Jaringan Industri |
3 |
5 |
KETERANGAN:
- Mata Kuliah Pilihan: Mahasiswa wajib mengambil 2 mata kuliah pilihan (6 SKS) pada semester 5
- Magang Industri: Dilakukan pada semester 6 selama minimal 4 bulan di industri mitra
- Tugas Akhir: Berbentuk proyek terapan yang relevan dengan bidang teknik komputer
- Distribusi Beban SKS: Memenuhi Permendiktisaintek No. 39 Tahun 2025 dengan porsi praktikum 37.7%
- Evaluasi: Setiap mata kuliah memiliki deskripsi, capaian pembelajaran, dan metode evaluasi yang jelas
Struktur kurikulum ini dirancang untuk memastikan pencapaian kompetensi lulusan sesuai dengan kebutuhan industri dan standar nasional pendidikan tinggi.
Langkah selanjutnya adalah pembuatan Matriks CPL - Mata Kuliah.
7. PEMBUATAN MATRIKS CPL - MATA KULIAH (CPL-MK)
Tabel Matriks CPL - Mata Kuliah
| No |
Kode MK |
Nama Mata Kuliah |
SKS |
CPL-1 |
CPL-2 |
CPL-3 |
CPL-4 |
CPL-5 |
CPL-6 |
CPL-7 |
CPL-8 |
| 1 |
UNG100 |
Pendidikan Agama |
2 |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
| 2 |
UNG101 |
Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan |
2 |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
| 3 |
UNG102 |
Bahasa Indonesia |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
√ |
| 4 |
TKO101 |
Matematika Diskrit |
3 |
|
√ |
|
|
|
|
|
|
| 5 |
TKO102 |
Fisika Listrik dan Elektronika |
3 |
|
√ |
|
|
|
|
|
|
| 6 |
TKO103 |
Elektronika Digital |
3 |
|
√ |
√ |
|
|
|
|
|
| 7 |
TKO104 |
Algoritma dan Pemrograman |
3 |
|
√ |
|
|
|
|
|
|
| 8 |
TKO105 |
Pengantar Teknik Komputer |
2 |
|
√ |
√ |
|
|
|
|
|
| 9 |
UNG103 |
Bahasa Inggris Teknis |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
√ |
| 10 |
TKO201 |
Arsitektur Komputer |
3 |
|
|
√ |
|
|
|
|
|
| 11 |
TKO202 |
Sistem Operasi |
3 |
|
|
√ |
|
|
|
|
|
| 12 |
TKO203 |
Jaringan Komputer Dasar |
3 |
|
|
|
|
|
√ |
|
|
| 13 |
TKO204 |
Struktur Data |
3 |
|
√ |
|
|
|
|
|
|
| 14 |
TKO205 |
Pemrograman Mikrokontroler |
3 |
|
|
|
√ |
|
|
|
|
| 15 |
TKO206 |
Praktikum Lapangan Dasar |
3 |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
|
|
|
| 16 |
TKO301 |
Pemrograman Embedded System |
3 |
|
|
|
√ |
|
|
|
|
| 17 |
TKO302 |
Desain Sistem Embedded |
3 |
|
√ |
|
√ |
|
|
|
|
| 18 |
TKO303 |
Sensor dan Transduser |
3 |
|
|
|
√ |
|
|
|
|
| 19 |
TKO304 |
Jaringan Nirkabel dan Mobile |
3 |
|
|
|
|
|
√ |
|
|
| 20 |
TKO305 |
Keamanan Jaringan |
2 |
|
|
|
|
|
|
√ |
|
| 21 |
TKO306 |
Metode Numerik |
2 |
|
√ |
|
|
|
|
|
|
| 22 |
TKO307 |
Praktikum Lapangan Lanjut |
4 |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
| 23 |
TKO401 |
Arsitektur Internet of Things |
3 |
|
|
|
|
√ |
|
|
|
| 24 |
TKO402 |
Protokol dan Komunikasi IoT |
3 |
|
|
|
|
√ |
|
|
|
| 25 |
TKO403 |
Cloud Computing untuk IoT |
3 |
|
|
|
|
√ |
|
|
|
| 26 |
TKO404 |
Desain dan Implementasi Jaringan |
3 |
|
|
|
|
|
√ |
|
|
| 27 |
TKO405 |
Keamanan Jaringan dan Ethical Hacking |
3 |
|
|
|
|
|
|
√ |
|
| 28 |
TKO406 |
Etika Profesi TI |
2 |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
| 29 |
TKO407 |
Komunikasi Teknis dan Presentasi |
3 |
|
|
|
|
|
|
|
√ |
| 30 |
TKO501 |
Sistem Pertahanan Siber |
3 |
|
|
|
|
|
|
√ |
|
| 31 |
TKO502 |
Forensik Digital |
2 |
|
|
|
|
|
|
√ |
|
| 32 |
TKO503 |
Manajemen Jaringan Komputer |
3 |
|
|
|
|
|
√ |
|
|
| 33 |
TKO504 |
Kewirausahaan Teknologi |
3 |
√ |
|
|
|
|
|
|
√ |
| 34 |
TKO505 |
Manajemen Proyek Teknologi |
3 |
|
|
|
|
|
|
|
√ |
| 35 |
TKO506 |
Mata Kuliah Pilihan 1 |
3 |
|
√ |
√ |
√ |
|
|
|
|
| 36 |
TKO507 |
Mata Kuliah Pilihan 2 |
3 |
|
√ |
√ |
√ |
|
|
|
|
| 37 |
TKO601 |
Magang Industri |
8 |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
| 38 |
TKO602 |
Tugas Akhir |
6 |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
Keterangan Mapping CPL-MK:
- CPL-1 (Sikap dan Nilai)
- UNG100, UNG101, TKO206, TKO307, TKO406, TKO504, TKO601, TKO602
- Terintegrasi dalam mata kuliah yang membentuk karakter dan etika profesional
- CPL-2 (Pemikiran Logis dan Inovatif)
- TKO101, TKO102, TKO103, TKO104, TKO105, TKO204, TKO206, TKO302, TKO306, TKO307, TKO506, TKO507, TKO601, TKO602
- Mata kuliah dasar dan lanjut yang melatih kemampuan analitis dan problem solving
- CPL-3 (Operasi dan Maintenance Sistem Komputer)
- TKO103, TKO105, TKO201, TKO202, TKO206, TKO307, TKO601, TKO602
- Fokus pada pemahaman and pengoperasian sistem komputer
- CPL-4 (Rancang Bangun Sistem Embedded)
- TKO205, TKO206, TKO301, TKO302, TKO303, TKO307, TKO506, TKO507, TKO601, TKO602
- Kompetensi inti teknik komputer untuk pengembangan sistem embedded
- CPL-5 (Pengembangan Solusi IoT)
- TKO206, TKO307, TKO401, TKO402, TKO403, TKO506, TKO507, TKO601, TKO602
- Spesialisasi dalam pengembangan Internet of Things
- CPL-6 (Manajemen Jaringan Komputer)
- TKO203, TKO206, TKO304, TKO307, TKO404, TKO503, TKO601, TKO602
- Keahlian dalam administrasi dan manajemen jaringan
- CPL-7 (Keamanan Siber)
- TKO305, TKO307, TKO405, TKO501, TKO502, TKO601, TKO602
- Kompetensi khusus dalam keamanan sistem and jaringan
- CPL-8 (Komunikasi dan Adaptasi Teknologi)
- UNG102, UNG103, TKO206, TKO307, TKO406, TKO407, TKO504, TKO505, TKO601, TKO602
- Soft skills dan kemampuan adaptasi teknologi
Catatan Akhir:
- Total SKS: 114 SKS, memenuhi Permendiktisaintek No. 39 Tahun 2025 untuk program D3
- Porsi Praktikum: 43 SKS (37.7%), menonjolkan karakteristik vokasi
- Magang Industri: 8 SKS, memastikan link-and-match dengan industri
- Tugas Akhir: 6 SKS, berbasis proyek riil industri
- Matriks CPL-MK: Setiap mata kuliah berkontribusi pada pencapaian CPL dengan bobot yang sesuai
- Evaluasi: Dilakukan secara berkala untuk memastikan keselarasan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan industri
Matriks ini menjamin bahwa seluruh capaian pembelajaran lulusan dapat tercapai melalui kombinasi mata kuliah yang terstruktur dalam kurikulum program studi.