📝

1. Identitas Mata Kuliah

Program Studi D3-Teknik Komputer
Nama Mata Kuliah Sistem Digital dan Logika
Kode Mata Kuliah MKDK003
SKS 3 SKS (2 SKS Teori, 1 SKS Praktikum)
Semester 1
Dosen Pengampu Ir. H.A. Mooduto, M.Kom.
Deskripsi Mata Kuliah Mata kuliah ini membahas konsep dasar sistem digital, gerbang logika, aljabar Boolean, rangkaian kombinasional dan sekuensial, serta penerapannya dalam pengembangan sistem embedded dan IoT.
🎯

2. Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang Dibebankan

Kode CPL Deskripsi CPL Level KKNI
CPL-02 Mampu menguasai konsep teoretis bidang teknik komputer secara umum dan menerapkannya dalam penyelesaian masalah prosedural Level 5
CPL-04 Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas di bidang teknik komputer dengan memilih metode yang sesuai dari beragam pilihan berdasarkan analisis data Level 5
CPL-05 Mampu merancang, mengimplementasikan, dan menguji sistem embedded dan IoT untuk aplikasi industri dan komersial Level 5
CPL-07 Mampu menganalisis kebutuhan dan mengembangkan solusi teknologi informasi yang efektif dan efisien Level 5
CPL-08 Mampu bekerja dalam tim secara kolaboratif dan berkomunikasi efektif dalam lingkungan profesional Level 5

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

🔹 CPMK-1

Memahami konsep dasar sistem bilangan digital dan mampu melakukan konversi antar berbagai basis bilangan

🔹 CPMK-2

Menguasai prinsip gerbang logika dasar dan mampu menganalisis tabel kebenaran

🔹 CPMK-3

Mampu menerapkan hukum aljabar Boolean dan teorema De Morgan dalam penyederhanaan ekspresi logika

🔹 CPMK-4

Mampu merancang dan menganalisis rangkaian kombinasional menggunakan peta Karnaugh

🔹 CPMK-5

Menguasai prinsip rangkaian sekuensial dan mampu merancang counter serta register

🔹 CPMK-6

Mampu mengimplementasikan desain sistem digital menggunakan software simulasi dan hardware

📚

3. Materi Pembelajaran

Peta Materi Pembelajaran

🔸 Fondasi

  • Sistem bilangan dan konversi
  • Gerbang logika dasar
  • Aljabar Boolean

🔸 Inti Keahlian

  • Peta Karnaugh
  • Rangkaian kombinasional
  • Rangkaian sekuensial

🔸 Penerapan

  • Simulasi software
  • Implementasi hardware
  • Project sistem digital
📅

4. Rencana Pembelajaran per Pertemuan

Pertemuan Topik Bahasan Sub-CPMK Metode
1 Sistem Bilangan Dasar Sub-CPMK-1.1, 1.2 Ceramah, Diskusi, Latihan
2 Gerbang Logika Sub-CPMK-2.1, 2.2 Demonstrasi, Simulasi
3 Aljabar Boolean Sub-CPMK-3.1, 3.2 Workshop, Studi Kasus
4 Peta Karnaugh Sub-CPMK-4.1 Problem Solving
5 Rangkaian Kombinasional Sub-CPMK-4.2, 4.3 Project-based Learning
6 Rangkaian Aritmetika Sub-CPMK-4.4 Simulasi, Praktikum
7 Flip-Flop dan Register Sub-CPMK-5.1 Demonstrasi, Diskusi
8 UTS Evaluasi Semua CPMK 1-4 Ujian Tertulis
9 Counter dan Register Sub-CPMK-5.2 Praktikum, Simulasi
10 Simulasi Software Sub-CPMK-6.1 Lab Session
11 Simulasi Sekuensial Sub-CPMK-6.2 Praktikum Mandiri
12 Implementasi Hardware Praktikum Sub-CPMK-6.3 Hands-on Lab
13 Project Sistem Digital Project Sub-CPMK-6.4 Project-based Learning
14 Presentasi Project Sub-CPMK-6.5 Presentasi, Diskusi
15 Review Materi Semua CPMK Tanya Jawab, Latihan
16 UAS Evaluasi Semua CPMK Ujian Tertulis & Praktik
📊

5. Evaluasi Pembelajaran

20%
Tugas
Tugas individu dan kelompok
15%
Kuis
Kuis mingguan online
25%
Praktikum
Laporan praktikum dan demo
20%
UTS
Ujian Tengah Semester
20%
UAS
Ujian Akhir Semester
📖

6. Referensi

Referensi Utama

  • Mano, M. M., & Ciletti, M. D. (2018).
    Digital Design: With an Introduction to the Verilog HDL, VHDL, and SystemVerilog. Pearson.
  • Floyd, T. L. (2020).
    Digital Fundamentals. Pearson.
  • Wakerly, J. F. (2018).
    Digital Design: Principles and Practices. Pearson.

Referensi Pendukung

  • Brown, S., & Vranesic, Z. (2021).
    Fundamentals of Digital Logic with VHDL Design. McGraw-Hill.
  • Katz, R. H., & Borriello, G. (2019).
    Contemporary Logic Design. Pearson.

📥 Download Dokumen RPS

Unduh versi lengkap RPS dalam format PDF untuk referensi offline