RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

Arsitektur dan Organisasi Komputer

Program Studi D3 Teknik Komputer - Politeknik Negeri Padang

Kode Mata Kuliah

MKDK005

Bobot SKS

3 SKS (2 Teori + 1 Praktikum)

Semester

2 (Genap)

Dosen Pengampu

Tim Dosen Teknik Komputer

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas struktur dan fungsi komponen komputer, termasuk CPU, memori, sistem I/O, serta arsitektur set instruksi. Mahasiswa akan mempelajari cara kerja komputer dari level logika digital hingga organisasi sistem, serta melakukan simulasi dan analisis performa komponen komputer. Pembelajaran mencakup konsep arsitektur dan organisasi komputer, sistem memori, unit pemrosesan, dan teknik optimasi performa.

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

Kode CPL Deskripsi CPL Aspek
CPL-02 Mampu menguasai konsep teoretis bidang teknik komputer secara umum dan menerapkannya dalam penyelesaian masalah prosedural Penguasaan Pengetahuan
CPL-04 Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas di bidang teknik komputer dengan memilih metode yang sesuai dari beragam pilihan berdasarkan analisis data Kemampuan Kerja
CPL-05 Mampu merancang, mengimplementasikan, dan menguji sistem embedded dan IoT untuk aplikasi industri dan komersial Penerapan Teknologi

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Kode CPMK Deskripsi CPMK
CPMK-1 Memahami konsep dasar arsitektur dan organisasi komputer serta perkembangannya
CPMK-2 Menganalisis fungsi dan interaksi komponen utama komputer (CPU, memori, I/O)
CPMK-3 Merancang dan mensimulasikan bagian-bagian sistem komputer sederhana
CPMK-4 Mengevaluasi kinerja sistem komputer berdasarkan arsitektur dan organisasinya

Rencana Pembelajaran per Pertemuan

16 Pertemuan selama satu semester dengan distribusi materi sebagai berikut:

1
Teori

Sejarah & Perkembangan Arsitektur Komputer

Sub-CPMK 1.1

Memahami evolusi komputer dari generasi pertama hingga modern

Fundamental Sejarah
2
Teori

Arsitektur vs Organisasi Komputer

Sub-CPMK 1.2

Membedakan konsep arsitektur dan organisasi komputer

Konsep Dasar Arsitektur
3
Praktikum

Struktur dan Fungsi CPU

Sub-CPMK 2.1

Analisis blok diagram dan komponen CPU

CPU Simulasi
4
Praktikum

Hierarki dan Teknologi Memori

Sub-CPMK 2.2

Simulasi akses memori cache dan hierarki

Memory Cache
5
Teori

Sistem I/O dan Interupsi

Sub-CPMK 2.3

Mekanisme input/output dan handling interupsi

I/O Interupsi
6
Praktikum

Perancangan Sistem Komputer

Sub-CPMK 3.1

Workshop merancang blok sistem komputer

Desain Sistem
7
Praktikum

Simulasi ALU dan Control Unit

Sub-CPMK 3.2

Praktikum operasi ALU menggunakan software

ALU Control Unit
8
UTS

Ujian Tengah Semester

Evaluasi CPMK 1-3

Evaluasi materi pertemuan 1-7

Evaluasi UTS
9
Teori

Analisis Performa Komputer

Sub-CPMK 4.1

Menghitung CPI, MIPS, dan throughput

10
Teori

Arsitektur Pipelining

Sub-CPMK 4.2

Analisis hazard dan optimasi pipelining

11
Teori

Arsitektur Paralel dan Multicore

Sub-CPMK 4.2

Membandingkan arsitektur multicore modern

12
Studi Kasus

Embedded System Architecture

Integrasi CPMK

Analisis arsitektur pada sistem embedded

13
Project

Workshop Desain Sistem

Integrasi CPMK

Merancang sistem mini berbasis CPU

14
Presentasi

Presentasi dan Evaluasi Proyek

Integrasi CPMK

Presentasi hasil rancangan sistem

15
Review

Review Materi UAS

Semua CPMK

Rangkuman seluruh materi semester

16
UAS

Ujian Akhir Semester

Semua CPMK

Evaluasi komprehensif seluruh materi

Sistem Penilaian

Distribusi bobot penilaian untuk mata kuliah ini:

Keaktifan & Partisipasi

10%

Partisipasi aktif dalam diskusi dan kegiatan kelas

Tugas & Praktikum

25%

Laporan praktikum dan tugas individu/kelompok

UTS

15%

Ujian Tengah Semester (Pertemuan 8)

Project Akhir

20%

Perancangan dan implementasi sistem

UAS

30%

Ujian Akhir Semester (Pertemuan 16)

Referensi

Buku teks dan referensi utama yang digunakan:

Metode Pembelajaran

Ceramah Interaktif

Penyampaian teori dengan diskusi interaktif

Project-Based Learning

Pembelajaran melalui proyek nyata

Simulasi & Praktikum

Hands-on experience dengan simulator

Studi Kasus

Analisis kasus nyata industri

Collaborative Learning

Pembelajaran kolaboratif dalam tim